Zhongguancun; Etalase Ekosistem Inovasi Cina

 

Sejak  Republik Rakyat Cina berdiri pada  1949,  sejumlah universitas dan lembaga penelitian dibangun di area Zhongguancun. Setelah beberapa tahun, selanjutnya Zhongguancun secara bertahap menjadi area konsentrasi terbesar pusat riset dan universitas di Asia. Komite Sentral Partai Komunis Cina (Central Committee of the Communist Party of China) dan Dewan Negara Republik Rakyat Tiongkok (State Council of the People’s Republic of China) berkontribusi besar dalam proses inovasi dan pengembangan, dengan membuat sejumlah keputusan kunci dan pengaturan, demi menjadikan Zhongguancun sebagai zona pertama teknologi maju Cina.  


Xiaying Dong Dkk (2019) dalam Zhongguancun Model: Driving the Dual Engines of Science & Technology and Capital, memetakan pengembangan kawasan Zhongguancun dalam  4  fase, sebagai berikut: 

Pertama, kehadiran Zhongguancun Electronic Street (1978-1988) dimulai saat Partai Komunis Cina (CPC) dalam sidangnya mengumumkan kebijakan reformasi dan keterbukaan. Zhongguancun sebagai area yang kental dengan riset ilmiah dan kaya sumber daya manusia menjadi salah satu area pertama yang merespons reformasi tersebut. Pada 1980, Beijing Plasma Society’s for Advanced Technology Development dibentuk. Kunjungan Chen Chunxian, peneliti fisika China Academy of Sciences (CAS) ke Silicon Valley sebanyak 2 kali membawa pulang inspirasi tentang pembentukan Plasma Society dengan 6 cabang ilmu pengetahuan dan personil teknologi yang membuka akses pertama kali ke pasar dan bisnis. 

Pada 1982 Jinghai Company dibentuk oleh Wang Hode yang mundur dari CAS. Beijing Jinghai Computer Room Technology Development Company di Zhongguancun mememiliki inti bisnis pada penyediaan instalasi komputer ruangan, termasuk pemasangan lantai anti-statis, kabel dan lain-lain. Menyusul Jinghai adalah Kehai Company, yang didirikan pada tahun 1983. Kehai ditempatkan di distrik Hadian, Beijing dengan Chen Qingzhen sebagai direktur. November 1984 dengan investasi sebesar 20 ribu RMB, Liu Chuanzhi bersama 10 orang ahli teknologi lainnya mendirikan New Technology Development of the Institute of Computing Technology di CAS, yang kemudian dikenal sebagai Lenovo. November 1984, Xintong Company Computer Technology merupakan perusahaan pertama di Zhongguancun dengan saham gabungan di bidang sains dan teknologi. Perusahaan tersebut menerima 1 juta RMB dari Institute of Computing Technology of CAS, Scientific Instrument Factory of CAS dan New-Industry Joint Venture distrik Hadian. 

Agustus 1985, State Scientific and Technological Commission membentuk New Technologies Development Company yang terlibat dalam transfer capaian saintifik dan teknologi yang didaftarkan dengan modal 200 ribu RMB. Perusahaan ini adalah perusahaan pertama yang bergerak dalam organisasi layanan perantara sains dan teknologi di Electronics Street. November 1986, Beijing Haidian Power Technology Research Studio dibentuk dengan persetujuan dari Haidian Science and Technology Commission sebagai perusahaan teknologi individual pertama di  Electronics Street. Maret 1987, perusahaan gabungan saham pertama antara Stone Group dengan Mitsui & Co Ltd didirikan dan bergerak di bidang riset dan pengembangan, produksi, dan manufaktur mesin ketik. 

Paten pertama yang didaftarkan oleh perusahaan di Zhongguancun terjadi pada April 1987 atas penemuan generator huruf karakter Cina. September 1987 surat elektronik pertama kalinya dikirim dari Zhongguancun oleh Qian Tianbai yang bekerja di proyek CANet di Chinese Academy of Science,  dari Beijing Institute of Computer Applied Technology ke Universitas Karlsruhe di Jerman. Di akhir tahun 1987, hampir seratusan perusahaan sains dan teknologi yang terkenal dengan sebutan Two Tong and Two Seas (Stone, Xintong, Kehai, dan Jinghai) di Zhongguancun menyebar ke Bashi Bridge, sepanjang Baiyi Road (sekarang Zhongguancun Street), ke utara Chengfu Road, Zhongguancun Road dan Haidian Road, menuju ke timur Xueyuan Road. Perusahaan-perusahaan ini membentuk zona “F” dan area yang dinamakan Zhongguancun Street, yang mempekerjakan 5 ribu orang dan mendatangkan total pemasukan sekitar 900 miliar RMB (sekitar 37% dari pendapatan Haidian Street). 


Kedua, Beijing New Technology Industrial Development Zone (1998-1999) sebagai pengembangan dari Zhongguancun Electronics Street. Pembangunan industri teknologi baru, percepatan aliran bakat, dan akumulasi sejumlah kekayaan yang merupakan serangkaian perubahan positif, menarik perhatian Dewan Negara dan pemerintah Beijing. Dewan Negara menyetujui aturan khusus untuk zona industri teknologi Beijing pada Mei 1998 dan menetapkan Zhongguancun dengan area sekitar 100 kilometer persegi untuk dirancang menjadi Beijing New Technology Industrial Development Trial Zone yang kemudian menjadi tahapan baru untuk Zhongguancun. Maret 1989, inkubator bisnis teknologi pertama dibangun di Beijing. Kingsoft berhasil mengembangkan perangkat lunak ala Cina. Qiu Bojun, karyawan Kingsoft Corporation, berhasil mengembangkan perangkat lunak pengolahan kata (word processing) pertama Cina (WPS 1). Beijing New Technology Industrial Development Trial Zone mendapatkan penghuni privat pertamanya, yaitu Youyou Financial Service Society  yang mendaftarkan diri dengan nama Youyou Financial Technology Co., Ltd. 1998, mesin pencari Sohu lahir,  Januari 1999 pola spasial five parks one district dibentuk di Beijing New Technology Industrial Development Trial Zone. Kawasan tersebut menampung 6.690 perusahaan teknologi tinggi dan 243 ribu pekerja, dengan total penghasilan 104.9 miliar RMB, output industri 76.3 miliar RMB dan keuntungan sebesar 6.75 miliar RMB. 

Ketiga, Zhongguancun Science Park (1999-2009). Dewan Negara menyetujui rencana pengembangan Zhongguancun. Tahun 2000, Zhongguancun Science Park membuka kantor penghubung di Silicon Valley,  pada 2001 Baidu secara resmi meluncurkan situs mesin pencari untuk pengguna akhir (end users). Komputer jaringan produksi domestik memasuki era produksi massal. 2004, perusahaan asal Zhongguancun, Ace Achieve Infocom, melantai di bursa Singapura disusul Baidu yang masuk bursa Nasdaq di tahun 2005. Setahun kemudian, Dewan Negara dan Komisi Reformasi Pembangunan Nasional (National Development and Reform Commission) mengumumkan gelombang kelima dari 20 zona pengembangan tingkat negara yang menyatakan Zhongguancun mencakup kawasan 23.252,29 ha meliputi Haidian Park, Fengtai Park, Changping Park, Desheng Park, Yizhuang Park, Shijingsaw Park, Daxing Meodical Industry Base, dan lain-lain. Zhongguancun membentuk pola ruang ten parks in one district. Pada 2007, Baidu menjadi perusahaan internet Cina pertama dengan nilai kapitalisasi pasar melampaui 100 miliar RMB. Di tahun 2008 nilai penerimaan Zhongguancun melampaui 1 triliun RMB, naik 13% tiap tahunnya. Sebagai tambahan, perusahaan-perusahaan di Zhongguancun membuat kemajuan teknologi dan inovasi industri seperti energi baru dan perlindungan lingkungan, biomedis, perangkat lunak dan layanan informasi, sirkuit terintegrasi, jaringan komunikasi dan komputer dan peningkatan standarisasi paten. 

Keempat, Zhongguancun National Innovation Demonstration Zone (2009-sekarang). Dewan Negara memberikan posisi baru kepada Zhongguancun sebagai etalase untuk inovasi mandiri dan bertujuan agar zona tersebut menjadi pusat inovasi sains dan teknologi dengan pengaruh global. Zhongguancun menjadi panji inovasi dan pembangunan Cina. Harapannya, kawasan ini dapat menjadi ajang implementasi pembangunan berbasis inovasi, mempercepat upaya promosi pusat inovasi sains dan teknologi dengan pengaruh global, dan memimpin implementasi strategi pembagunan berbasis inovasi ke seluruh Cina. Pada 2009, Qihoo 360 perangkat lunak antivirus permanen pertama diluncurkan. Chinext juga dibuka dan 5 perusahaan Zhongguancun terdaftar di bursa saham antara lain Ultrapower, Lepu Medical, Lanxum, Dinghan Tech, dan Belu Pharmaceutical. 

Juli 2012, usulan membangun Rencana 5 Tahun ke-12 (12th Five- Year Plan) untuk Zhongguancun Civil-Military Technology Innovation Demonstration Base diajukan. Pola ruang 16 parks in one district dibentuk di Zhongguancun. Mei 2014, JD menjadi perusahan elektronik Cina pertama dalam skala besar yang terdaftar di Nasdaq. Setahun kemudian, Desember 2015, pusat inovasi luar negeri pertama Zhongguancun dibangun di Silicon Valley. Di akhir 2016, Zhongguancun Demonstration Zone telah merencanakan kawasan seluas 488 kilometer persegi dan lebih dari 20 ribu perusahaan teknologi tinggi untuk membentuk pengembangan pola multy parks in one district. Total penerimaan Zhongguancun adalah 4,57 triliun RMB dengan perusahaan terdaftar mencapai 302 buah dan 65 perusahaan di antaranya telah menyandang status unicorn. 



*Diikhtisarkan dari pembahasan tentang Ekosistem Inovasi di Asia dalam buku Ekosistem Inovasi dan Kewirausahaan Rintisan (2020) karya M Rahmat Yananda dan Ummi Salamah. Pembaca yang berminat membaca buku tersebut, dapat memesannya di sini:  https://tokopedia.link/lW52tQJgLcb








Comments

Popular Posts